Sabtu, 04 Maret 2017

PRESENTASE MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

Presentase Multimedia Pembelajaran Kimia Hasil Pengembangan


Reaksi Reduksi Oksidasi Pada Buah Apel



Reaksi kimia adalah suatu reaksi antara senyawa kimia atau unsure kimia yang melibatkan perubahan struktur dari molekul,yang umumnya berkaitan dengan pembentukan dan pemutusan ikatan kimia.ciri-ciri reaksi kimia yaitu:

1.     Terbentuknya endapan
2.    Terbentuknya gas
3.    Terjadinya perubahan warna
4.    Terjadinya perubahan suhu dan temperature

       Redoks adalah reaksi kimia yang disertai perubahan bilangan oksidasi,setiap reaksi redoks terdiri atas reaksi-reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.reaksi oksidasi adalah reaksi kimia yang ditandai dengan kenaikan bilangan oksidasi.sedangkan reaksi reduksi adalah reasi kimia yang ditandai dengan penurunan bilangan-bilangan oksidasi.bilangan oksidasi itu sendiri di definisikan sebagai muatan yang dimiliki suatu atom jika seandainya electron diberikan kepada atom lain yang keelektronegatifannya lebih besar.
       Redoks yang dihubungkan dengan terjadinya perubahan warna yang lebih sering dari pada yang diamati dalam asam basa.persamaan reaksi redoks harus disetimbangkan dari segi muatan dan materi ,penyeimbangan materi biasanya dapat dilakukan dengan mudah,sedangakan penyeimbangan muatan agak sulit karena itu,perhatian harus dicurahkan pada penyeimbangan muatan-muatan berguna untuk menentukan faktor stoikiometri menurut batasan umum reaksi redoks adalah suatu proses serah terima electron antara dua system redoks.
       Senyawa-senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengoksidasi senyawa lain dikatakan sebagai oksidator.oksidator biasanya adalah senyawa-senyawa yang memiliki unsur-unsur dengan bilangan oksidasi yang tinggi(H2O2, MnO4 , CrO3, Cr2O7-2, OSO4).senyawa-senyawa yang mempunyai kemampuan untuk mereduksi senyawa lain dikatakan reduktor,contohnya seperti Li,Na,Mg,Fe,Zn, dan Al. 
          Di sini kami melakukan sebuah percobaan pada buah apel yang kami beri perasan jeruk nipis dan yang tidak di beri perasan jeruk nipis.








selengkapnya dapat djlihat pada alamat dibawah ini :

https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=Bw_LYCYEELM&t=26

14 komentar:

  1. Apa saja kendala dalam membuat pengembangan multimedia pembelajaran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendala yang saya peroleh dalam pembuatan pengembangan multimedia pembalajaran kimia yaitu sulitnya menentukan media yang cocok dengan materi kimia. Dan biasannya media pembelajaran yang di gunakan tidak dapat mencapai tujuan dari pembelajaran yang kita inginkan

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mengapa anda menggunakan buah apel dalam percobaan tersebut? Kenapa Bukan buah-buahan yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami menggunakan buah apel karena buah tersebut mudah untuk di temukan, kemudia kandungan di dalam buah apel tersebut terkandung senyawa fenol yang apabila terkena oksigen dan kemudian akan berubah warna menjadi kecoklatan. sehingga kami memilih buah tersebut sebagai percobaan dalam materi redoks.

      Hapus
  4. bagaimana cara kita menentukan media yang cocok dengan materi yang kita gunakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya untuk menentukan media apa yang cocok dengan materi kita harus mempelajari dan menegtahui terlebih dahulu tentang media tersebut. kemudian kita lihat materi apa yang akan kita ambil atau kita gunakan, setelah itu bandingkan media tersebut dengan materi yang akan kita ajarkan, sudah sesuai dan cocok atau belum. kemudian kita bisa mengevaluasinya.

      Hapus
  5. Apakah dalam persentase multimedia pembelajaran kimia hasil pengembangan yang anda pilih ada kendala? Jika ada bagaimana cara anda menghadapinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja terdapat kendala. namun kendala tersebut tidak begitu besar. misalnya saja kami mengalami kendala dalam memperoleh hasil dari oercibaan yang kami lakukan. hal itu dinkarenakan terdapat beberapa faktor, dianatarnnya udara, pemberian jeruk nipis yang kurang banyak, dan waktu yang kami gunakan. cara menghadapinnya yitu, kami harus lebih sabar dan lebih teliti. terimakasih

      Hapus
  6. apa kelebihan dengan menggunakan media yang anda gunakan dengan guru menjelaskan secara biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya yaitu membuat minat siswa lebih tinggi untuk belajar, lebih menarik karena di sajikan secara langsung bukan hanya dengan penjelasan umum. tetapi kita langsung bisa mempraktekannya dan siswa lebih paham dengan materi tersebut.

      Hapus
  7. Saya ingin bertanya apakah media ini dapat diterapkan baik itu disekolah yang ada di perkotaan atau di perdesaan ?

    BalasHapus
  8. Saya ingin bertanya apakah media ini dapat diterapkan baik itu disekolah yang ada di perkotaan atau di perdesaan ?

    BalasHapus
  9. How to find a live dealer casino site with live dealers
    Live casino is the first place in the iGaming industry to find a luckyclub.live live casino site that is suitable for online gambling. Read all about live

    BalasHapus