Selasa, 14 Maret 2017

PRESENTASE E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

Presentase E-learning Kimia Hasil Pengembangan


Presentase E-learning Kimia Hasil Pengembangan



Pada kali ini kami menggunakan situs Edmodo untuk membuat program e-learning pada www.edmodo.com 
berikut beberapa gambar screenshoot dari e-learning yang kami buat dimana saya berperan sebagai murid.













16 komentar:

  1. Bagaimana agar anda dapat efektif dalam pembelajaran menggunakan aplikasi atmodo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus selalu memiliki akses internet yang baik.

      Hapus
    2. Agar pembelajarannya efektif, guru harus memberikan materi dan selalu memberikan latihan-latihan soal agar siswanya pun berantusias untuk mengikuti pembelajaran dengan edmodo ini. Terimakasih

      Hapus
  2. Media atau aplikasi apasaja yang dapat digunakan untuk proses suatu e-learning
    Pembelajaran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita bisa menggunakan aplikasi yang sudah kita gunakan yaitu aplikasi edmodo dan menggunakan media laptop dan koneksi internet yang bagus

      Hapus
  3. kendala apa saja yang mungkin terjadi dalam penggunaan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kendala yang bisa terjadi yaitu aplikasi edmodo masih menggunakan bahasa program yang masih menggunakan bahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa, kemudian dengan menggunakan aplikasi ini interaksi antara guru dan siswa kurang terbentuk karena guru tidak bisa langsung hadir di ruang kelas. terimakasih

      Hapus
    2. saya akan sedikit menjawab yaitu kekurangan menggunakan edmodo
      Kekurangan Edmodo Pierpaolo Vittorini (2012:40) adalah
      1. Tidak mempunyai pilihan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa, komunikasi sesama siswa berlangsung secara global di dalam grup tersebut.
      2. Tidak adanya fasilitas chat seperti yang terdapat pada jejaring sosial (Facebook, tuenti dan myspace) pada umumnya yang menerapkan area untuk chating secara langsung.
      3. Tidak adanya foto album dan fasilitas tagging seperti jejaring sosial lainnya, Edmodo hanya bekerja dengan file tipe generik dan tidak mengijinkan tagging.
      4. Tidak menerapkan beberapa halaman atau view yang dapat dilihat oleh user.
      5. Struktur Edmodo adalah pendidikan informal, walaupun begitu urutan dari konten pada rangkaian materi bisa dijelaskan secara terbuka.

      Hapus
  4. Edmodo itu kan hampir sama seperti facebook hanya saja dibuat untuk diskusi organisasi Atau kelompok guna pelajaran jarak jauh,, tp jika di sekolah bagai mana cara pnerapan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudari Windy,Menurut saya,jika di sekolah kita tidak perlu menggunakan edmodo. karena siswa dan guru sudah bertemu secara langsung, edmodo lebih tepat digunakan jika ingin berdiskusi tanpa harus bertemu langsung.

      Hapus
    2. baiklah disini saya mencoba menjawab sebelum itu kita menerapkan atau memberi materi terlebih dahulu yaitu didalam kelas dan pada penggunaan edmodo ini kita hanya mengulas materi yang sudah di ajarkan oleh guru apakah ada kendala dan pahaman yang belum dimengerti siswa, terimakasih

      Hapus
  5. apakah kekurangan yang terdapat pada edmodo ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kekurangannya yaitu :
      1.Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
      2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
      3.Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
      4. Sistem ayng tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

      Hapus
  6. Assalamualaikum, saya ingin bertanya. Aapakan pembelajaran berbasis E-Learning efektif digunakan untuk pembelajaran kimia ? Tolong anda jelaskan. Terimakasih

    BalasHapus
  7. menurut saya pembelajaran berbasis e-learning cukup efektif untuk pembelajaran kimia. kelebihan dari pembelajaran e-learning yaitu:
    a. Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pengajar dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara reguler atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.

    b. Pengajar dan siswa dapat menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet.

    c. Siswa dapat belajar (me-review) bahan ajar setiap saat dan dimana saja apabila diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.

    d. Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.

    f. Baik pengajar maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak.

    g. Berubahnya peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.
    h. Relatif lebih efisien. Misalnya bagi mereka yang tinggal jauh dari Perguruan Tinggi atau sekolah konvensional dapat mengaksesnya.

    BalasHapus
  8. assalammualaikum saya ingin menambahan sedikit pada e-learning ini kita tidak bisa menguasai materi dan yang ada melainkan membuat siswa tambah bingung terimakasih

    BalasHapus