Selasa, 14 Maret 2017

TUGAS TERSTUKTUR 2 MMBUAT ALAT PERAGA

Tugas Terstruktur 2 : Membuat Alat peraga

Pada kali ini kami membuat alat peraga untuk materi tingkat SMP
Disini kami mengambil materi mengenai Teori Atom Rutherford.  Untuk lebih jelasnya bisa di buka link di bawah ini :

https://youtu.be/Jii-ORs24-k


17 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb . . .
    saya ingin bertanya, kepada saudari lutvia. kenapa kelompok kalian memilih materi tentang Model atom Rutherford, padahal seperti kita ketahui bahwasannya materi tingkat smp itu masih banyak yang lainnya. apa tujuan dari kalian memilih materi tentang rutherford itu sendiri ?
    terima kasih . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsallam wr.wb. kenapa kelompok kami memilih materi tentang Model Atom Rutherford karena dalam membuat mediannya itu tidak begitu sulit dan tentunya kami ingin siswa tersebut dapat memehami materi ini dan dapat siswa dapat menjelaskan struktur atom yang rumit,serta dapat kita gunakan untuk menjelaskan bentuk dari lintasan elektron yang mengelilingi inti atom dan kita dapat dengan mudah menggambarkan gerak elektron disekitar inti atom (nukleus). terimakasih

      Hapus
  2. apakah media alat peraga yang anda buat tersebut dapat membantu pemahaman yang lebih dalam pembelajaran tentang model atom Rutherfod di SMP? tolong jelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih saudara anisa. disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudara anisa. menurut kelompok kami, alat peraga yang kami buat sudah cukup sangat membantu siswa dalam memahami tentang atom, elektron serta lintasan elektron. karena di situ kami sudah membuat lintasan elektron dengan menggunakan kayu dan kawat, serta membuat atom dengan mengggunakan kertas. di situ juga kami membuat perbedaan warna pada atom dan inti atom, agar memudahkan siswa dalam membedakannya. terimaksih

      Hapus
  3. apa kendala dalam pembuatan alat peraga dalam pembelajaran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan mencoba menjawab. Kendala dalam membuat alat peraga ini adalah pada pembuatan lintasan dari elektronnya, karena untuk membuat dia bulat sempurna sangat sulit. Lalu dalam membentuk model atomnya karena kami menggunakan bahan bekas, hasil yang diperoleh kurang maksimal. Terimakasih

      Hapus
  4. apakah kelebihan dari media yang anda gunakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihan dari media yang kami gunakan yaitu tentunya bahan yang kami gunakan mudah di peroleh, tidak membutuhkan biaya yang mahal, dan tentunya ramah lingkungan. terimaksih

      Hapus
  5. assalamualaikum,saya ingin memberikan sedikit saran sebaiknya pada postingan ini ditambahkan sedikit materi agar pembaca lebih mudah memahami bukan hanya dari video yang anda post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsallam. terimaksih atas saran yang anda berikan

      Hapus
  6. Apakah kekurangan dari media yang anda gunakan?

    BalasHapus
  7. mungkin kekurangan dari media yang kami gunakan yaitu pada bentuk dari atom-atom tersebut. karena kami tidak bisa membuatnya bulat seperti atom.karena bahan yang kami gunakan untuk membuat atom tersebut terbuat dari kertas, sehingga untuk membuat bentuk yang bulat sempurna sulit.

    BalasHapus
  8. assalmmualaikum saya ingin bertanya bagaimana jika siswa merasa bosan pada alat peraga yang kita buat, bagaimana peran guru untuk memecahkan suasana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan mencoba menjawab. Menurut saya guru harus lebih kreatif dengan memberikan pertanyaan yang interaktif dan memperikan lelucon yang dapat memcairkan suasana.

      Hapus
  9. saya ingin bertanya,apakah kendala yang mungkin terjadi jika kita menerapkan alat peraga ini di lingkungan sekolah perkotaan maupun di pedesaan ?
    terimakasih..

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum wr wb. saya ingin bertanya apakah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr wb. saya ingin bertanya apakah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran.

    BalasHapus